Pemimpin Keluarga

Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barrakatuh.

Segala puji bagi Allah Ta'ala yang masih memberi kesempatan ana dan Ikhwan /akhwat untuk selalu memperbaiki diri.

Sholawat serta salam selalu tercurah kepada Rasulullah shalallahu alaihi wassalam, keluarga dan para sahabat serta para pengikutnya sampai dimana harta dan anak sudah tidak berguna kecuali kita menghadap Allah Ta'ala dengan hati yang bersih. Aman ba'du.

Peranan suami dan /atau ayah sangatlah penting bagi kemaslahatan keluarganya dalam setiap keadaan.

Di analogikan suami seperti seorang pengemudi mobil. Dialah yang mempunyai kendali atas keluarganya.

Jadi, sudah seharusnya seorang pemimpin keluarga memegang peranannya dalam keluarga.

Bertanggung jawab penuh kepada keluarganya untuk mendidik anak-anak dan istrinya secara syariat Agama.

حَدَّثَنَاعَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍعَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَلَا كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فَالْأَمِيرُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ عَلَيْهِمْ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ وَالْعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِ هِوَ هُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

Ibnu umar r.a berkata : saya telah mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda : setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya.

Seorang kepala negara akan diminta pertanggung jawaban perihal rakyat yang dipimpinnya.

Seorang suami akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya.

Seorang isteri yang memelihara rumah tangga suaminya akan ditanya perihal tanggung jawab dan tugasnya.

Bahkan seorang pembantu/ pekerja rumah tangga yang bertugas memelihara barang milik majikannya juga akan ditanya dari hal yang dipimpinnya.

Dan kamu sekalian pemimpin dan akan ditanya (diminta pertanggungan jawab) darihal hal yang dipimpinnya. (bukhari, muslim)

Menyuruh mereka untuk menjalankan perintah Allah Ta'ala

Allah Ta'ala berfirman:
وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلٰوةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا  ۖ  لَا نَسْئَلُكَ رِزْقًا  ۖ  نَّحْنُ نَرْزُقُكَ  ۗ  وَالْعٰقِبَةُ لِلتَّقْوٰى
wa`mur ahlaka bish-sholaati washthobir 'alaihaa, laa nas`aluka rizqoo, nahnu narzuquk, wal-'aaqibatu lit-taqwaa

"Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan sholat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa."
(QS. Ta-Ha 20: Ayat 132)

Dengan begitu akan menciptakan suasana yang Islami, menyelamatkan keluarga di dunia dan di akhirat.

Allah Ta'ala berfirman:
يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا قُوٓا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ اللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
yaaa ayyuhallaziina aamanuu quuu anfusakum wa ahliikum naarow wa quuduhan-naasu wal-hijaarotu 'alaihaa malaaa`ikatun ghilaazhun syidaadul laa ya'shuunalloha maaa amarohum wa yaf'aluuna maa yu`maruun

"Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."
(QS. At-Tahrim 66: Ayat 6)

Dan tidak hanya itu, Allah Ta'ala juga akan memberikan sakinah dalam keluarga. Wallaahu 'alam.

Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan serta keimanan kita.


Penulis,
Ibnu Alam
Abu Najwa

Post a Comment for "Pemimpin Keluarga"