Manfaat Darah bagi Seluruh Organ Tubuh

Darah memiliki peran penting dalam menjaga fungsi tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat darah bagi seluruh organ tubuh:

1. Memasok Oksigen ke Sel-sel dan Jaringan

   Darah mengambil oksigen dari udara yang ada di paru-paru, lalu menyebarkannya ke sel-sel di seluruh tubuh¹². Kemudian, darah juga membuang karbon dioksida dari sel, dan mengangkutnya ke paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh¹².

Gambar oleh Arek Socha dari Pixabay


2. Mengangkut Nutrisi dan Hormon

   Darah berperan besar dalam pencernaan dan fungsi sistem endokrin¹. Nutrisi yang sudah dicerna diserap ke dalam aliran darah melalui pembuluh kapiler di usus halus¹. Beberapa nutrisi tersebut, antara lain asam amino, asam lemak, vitamin, mineral dan glukosa, akan diedarkan oleh darah ke sel-sel tubuh¹. Selain itu, darah membantu mengedarkan hormon yang dihasilkan oleh berbagai kelenjar di sistem endokrin, menuju ke sel dan organ yang menjadi target hormon tersebut¹.

3. Mengatur Suhu Tubuh

   Fungsi darah lainnya adalah sebagai pengatur suhu tubuh¹. Darah menyerap dan mendistribusikan panas ke seluruh tubuh¹. Cairan ini membantu mempertahankan homeostasis melalui pelepasan atau konservasi kehangatan¹.

4. Menyembuhkan Luka

   Fungsi darah penting untuk menyembuhkan luka¹. Ketika kamu mengalami cedera yang membuat pembuluh darah menjadi robek, trombosit dan protein plasma bekerja sama untuk menghentikan perdarahan¹.

5. Membawa Limbah Tubuh ke Ginjal dan Hati

   Darah juga berfungsi untuk membawa limbah tubuh ke ginjal dan hati¹.

Dengan demikian, darah memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga fungsi tubuh manusia. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dan kualitas darah kita.





Source: Conversation with Bing, 4/13/2024

(1) Apa Fungsi Darah untuk Tubuh Manusia? - Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/apa-fungsi-darah-untuk-tubuh-manusia.

(2) 13 Fungsi Darah Bagi Tubuh Manusia Serta Kelainan pada Darah. https://www.gramedia.com/literasi/fungsi-darah/.

(3) 13 Fakta Darah Manusia yang Menarik untuk Diketahui | Hello Sehat. https://hellosehat.com/kelainan-darah/fakta-tentang-darah/.

(4) Fungsi Darah Bagi Tubuh Manusia - Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/13/120000069/fungsi-darah-bagi-tubuh-manusia.

Post a Comment for " Manfaat Darah bagi Seluruh Organ Tubuh"